Cairin

TKB0: TKB30: TKB60: TKB90:
Diperbarui pada : 2021/7/16
BLOG > Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Imunitas
visitor badge

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Imunitas

Saat ini, tingkat kewaspadaan dan kekhawatiran terkait Covid-19 yang mengancam dan menyebar di sebagian negara masih terus terjadi.
Walaupun tingkat kematian lebih rendah, namun tingkat penyebaran yang sangat cepat membuat kita harus selalu waspada dari penularan nya.

Mengingat belum tersedia nya vaksin penyembuhan Covid-19 sampai saat ini, dan WHO dan Menteri Kesehatan Indonesia menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan juga sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus corona.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas terdiri dari kumpulan sel jaringan dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh kita dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Jika sistem imun kita lemah maka yang terjadi virus dan kuman-kuman tersebut akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh kita dan menimbulkan infeksi pada tubuh.

Lalu, bagaimana kita dapat membuat sistem kekebalan tubuh dan imun kita sangat kuat? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Kita bisa mulai dengan makanan yang bisa menjadi penguat sistem kekebalan tubuh.

Makanan sehat yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut adalah:

good

1.Brokoli
Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, juga kaya akan vitamin A, C, dan E.
Kandungan nutrisi tersebut membuat brokoli sangat di percaya mampu membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi kuat.

good

2.Bayam
Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tidak kalah tinggi dengan brokoli. Selain itu bayam juga mengandung banyak beta koretan, vitamin C, dan vitamin A. Yang sangat efektif dan berkhasiat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

good

3.Bawang Putih
Selain kegunaan nya yang sering di gunakan sebagai bumbu masakan, teryata bawang putih juga memiliki manfaat untuk menjadi sistem kekebalan tubuh lho.
Bawang putih sendiri mengandung zat allicin, zat ini mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dengan cara merangsang aktifitas dan produksi sel darah putih.

good

4.Kunyit
Kunyit memiliki warna yang sangat kuning, dengan ada nya warna tersebut membuktikan bahwa kunyit mengandung kurkumin.
Kurkumin tersebut adalah antioksidan yang berperan untuk menunjang sistem kekebalan tubuh kita.

good

5.Buah-buahan
Pilihlah buah-buahan dengan warna yang cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena hal tersebut sangat berperan penting untuk menjaga sistem kekebala tubuh kita.

good

6.Makanan Laut
Makanan laut mengandung nutrisi yang sangat penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUPA), serta vitamin dan mineral.
Yang sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh antara lain seperti ikan, kerang, dan tiram

Selain konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan manfaat yang terkandung, ada baik nya kita juga menerapkan pola hidup yang sehat agar tetap seimbang. Beberapa langkah menjalani pola hidup sehat bisa kamu lakukan seperti.

good

  1. Olahraga Teratur
    Olaharaga sangat penting agar tubuh kita tetap fit, selain itu dengan olahraga akan menjaga sistem kekebalan tubuh kita dengan merangsang kinerja sel darah putih.
    Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.

good

2.Kelola Stres
Dengan tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh kita untuk terus memproduksi hormon kortisol.
Hormon stres atau kortiso yang sangat tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah.
Carilah teknik untuk relaksasi untuk meredakan dan mengurang stres kamu, atau kunjungi dokter psikolog untuk konsultasi mengenai stres yang kamu miliki.

good

3.Tertawa
Masih banyak yang belum tahu, ternyata tertawa memiliki banyak sekali manfaat lho!
Salah satu manfaat dari tertawa adalah meningkatkan hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood kamu lebih banyak untuk beraktifitas.

good

4.Berhenti Merokok
Sering merokok baik itu aktif ataupun pasif, ternyata mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah hasil nya sangat mudah sekali untuk terkena penyakit.
Oleh karena itu dengan berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun

good

  1. Istirahat yang Cukup
    Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, salah satu cara nya adalah dengan istirahat yang cukup. Bila tidur dan istirahat sudah cukup, tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sistem antibodi atau zat kekebalan tubuh yang mampu mencegah infeksi.
    Jadi sangat disarankan untuk kita tidur maksimal 7-9 jam per hari, agar sistem kekebalan tubuh atau imunitas kita tetap terjaga.







Baca Juga:






Pemberitahuan

  • 1. Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  • 2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.
  • 3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna (‘Pemanfaatan Data’) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  • 4. Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  • 5. Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  • 6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  • 7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.
  • 8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.
  • 9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
  • 10. Data pengguna/peminjam yang diajukan melalui aplikasi Cairin juga akan dilaporkan ke Fintech Data Center (FDC) atau Pusdafil.
  • 11. Bahwa Pemberi Dana sudah mengetahui dan menanggung sepenuhnya risiko atas pemberian pinjaman;
  • 12. Bahwa Penerima Dana sudah mengetahui risiko kehilangan aset ataupun harta kekayaaan akibat gagal bayar;
  • 13. Bahwa Penerima Dana sudah mengetahui, mempertimbangkan dan menyetujui segala tingkat bunga dan biaya yang berlaku sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman;
  • 14. Bahwa Pemberi Dana diwajibkan untuk mempelajari pengetahuan dasar mengenai (LPBBTI) sebelum memberikan pinjaman;
  • 15. Bahwa setiap kecurangan dan tindakan ilegal dilaporkan sepenuhnya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan masyarakat luas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • 16. Bahwa catatan kredit Penerima Dana akan dilaporkan secara berkala kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk kepentingan Pusat Data Fintech Lending yang akan dimanfaatkan bersama dengan para pelaku industri perbankan nasional dan industri keuangan lainnya;
  • 17. Bahwa Penerima Dana sudah membaca dan mempelajari setiap syarat dan ketentuan.